Pengertian Algoritma
Pengertian algoritma
- 1. Pengertian Algoritma Algoritma. Urutan atau rentetan langkah-langkah logis tertentu untuk menyelesaikan atau memecahkan suatu masalah yang disusun secara sistematis & logis. → Mengoperasikan perangkat komputer, menjalankan motor/mobil, membuat kue, dll Algoritma merupakan cetak-biru dari suatu program & sebaiknya disusun sebelum program dibuat. Kriteria suatu algoritma: ► Memiliki masukan & keluaran ► Efektifitas & efisien ► Terstruktur
- 2. Pengertian Algoritma (lanjutan) Sifat suatu algoritma : Tidak menggunakan simbol-simbol (sintax) dari suatu bahasa pemrograman Tidak tergantung pada suatu bahasa pemrograman. Notasi dapat dipergunakan pada seluruh bahasa pemrograman. Contoh: Algoritma menghitung luas persegi panjang : Masukan panjang (P) Masukan lebar (L) Luas ← P x L Tulis Luas
- 3. Ciri algoritma Input: algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar. Output: algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran. Definiteness (pasti): algoritma memiliki instruksi- instruksi yang jelas dan tidak ambigu. Finiteness (ada batas): algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role). Effectiveness (tepat dan efisien): algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif. Contoh instruksi yang tidak efektif adalah: A = A + 0 ; atau A = A* 1 Pengertian Algoritma (lanjutan)
- 4. Jenis-jenis Proses Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria tertentu. Iteration Process: instruksi dikerjakan selama memenuhi suatu kondisi tertentu. Concurrent Process: beberapa instruksi dikerjakan secara bersama Pengertian Algoritma (lanjutan)
- 5. Pseudo-code Kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) program atau merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah. Contoh: mencari bilangan terbesar dari dua bilangan yang diinputkan. Algoritma Pseudo-code 1. Masukkan bilangan pertama 1. Input a 2. Masukkan bilangan kedua 2. Input b 3. Jika bilangan pertama > bilangan kedua maka kerjakan langkah 4, jika tidak, kerjakan langkah 5. 3. If a > b then kerjakan langkah 4 4. Tampilkan bilangan pertama 4. print a 5.Tampilkan bilangan kedua 5. print b Nilai A ditambah dengan 5 A ← A + 5 Cetak nilai A bila lebih besar dari 10 IF A > 10 THEN PRINT A Dari dua bilangan A dan B, cari bilangan yang terbesar IF A > B THEN PRINT A ELSE PRINT B
- 6. Aturan penulisan Algoritma Judul Algoritma. Bagian yang terdiri atas nama algoritma dan penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma tersebut. Nama sebaiknya singkat dan menggambarkan apa yang dilakukan oleh algoritma tersebut Deklarasi. Bagian untuk mendefinisikan semua nama yang digunakan di dalam program. Nama tersebut dapat berupa nama tetapan, peubah, tipe, prosedur dan fungsi. Deskripsi. Merupakan kumpulan instruksi yang berisi uraian langkah- langkah penyelesaian masalah yang ditulis dengan menggunakan suatu notasi.
- 7. Contoh penulisan Algoritma + Pseudo-code 1. Kelulusan Mahasiswa Algoritma Kelulusan_mhs {diberikan nama dan nilai mahasiswa, jika nilai tersebut lebih besar atau sama dengan 56, maka mahasiswa tersebut dinyatakan lulus, jika tidak maka dinyatakan tidak lulus} DEKLARASI : Nama : string Nilai : integer Keterangan : string DESKRIPSI : read (nama, nilai) if nilai >= 56 then keterangan = ‘lulus’ else keterangan = ‘tidak lulus’ write (nama, keterangan) endif
- 8. Contoh penulisan Algoritma + Pseudo-code (lanjutan) 2. Luas & keliling lingkaran Algoritma Luas_Kell_Lingkaran {judul algoritma} {menghitung luas dan keliling lingkaran untuk ukuran jari-jari tertentu. Algoritma menerima input jari-jari lingkaran, menghitung luas dan kelilingnya serta mencetak luas lingkaran ke piranti keluaran –- spesifikasi algoritma} DEKLARASI : Const phi = 3.14 {nilai} R : real {jari-jari lingkaran} Luas : real {luas lingkaran} Keliling : real {keliling lingkaran} DESKRIPSI : read(R) luas ← phi*R*R keliling ← 2*phi*R write(luas, keliling)
- 9. Contoh penulisan Algoritma + Pseudo-code (lanjutan) 3. Komisi Salesman Algoritma Komisi_Salesman {baca nama dan hasil penjualan salesman, kemudian hitung besarnya komisi sebesar 15% dari hasil penjualan dan tampilkan nama dan komisinya ke layar} DEKLARASI : Nama : string NilaiPenjualan : real Komisi : real DESKRIPSI : read(Nama, NilaiPenjualan) Komisi ← 0.15 * NilaiPenjualan write(Nama, Komisi)
- 10. Pengertian Pemrograman Program komputer. Sekumpulan instruksi (statement) yang dimengerti oleh komputer. Bagian Program Suatu program pada dasarnya terdiri dari 3 bagian: Masukan : bisa ada, bisa tidak Proses Keluaran : min. satu ouput.
- 11. Pengertian Pemrograman (lanjutan) Pemrograman. Suatu kumpulan instruksi-instruksi atau source code yang dibuat oleh seorang programmer. ◊ Pemrograman Prosedural/Terstruktur --> Pascal, C ◊ Pemrograman Fungsional → fungsi matematika. ◊ Pemrograman Modular, ◊ Pemrograman Object-oriented → C++, Java ◊ Pemrograman Functional-oriented → SQL, HTML ◊ Pemrograman Declaratif
- 12. Pengertian Pemrograman (lanjutan) Bahasa pemrograman. Alat atau tools yang dipergunakan untuk membuat suatu program. Contoh: Basic, Pascal, Cobol, C, C++, PHP, Java etc Langkah dalam pemrograman Pendefinisian permasalahan. Menemukan solusi Memilih algoritma Menulis program Menguji program Dokumentasi Pemeliharaan program
- 13. Bahasa Pemrograman Bahasa tingkat rendah (low level language). ◊ Bahasa mesin ◊ Berisi kode-kode mesin yang hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin komputer berupa kode numerik 0 dan 1. Bahasa tingkat tinggi (high level language). ◊ Merupakan Bahasa Pemrograman Generasi ke-3. ◊ Bahasa manusia ◊ Banyak ragam → Java, Pascal, C, C++, Cobol dll. ◊ Memberi banyak fasilitas kemudahan dalam programming → variabel, tipe data, konstanta, loop, struktur kontrol, prosedur, dll.
- 14. Bahasa Pemrograman (lanjutan) Source code Input data Source code Input data Source Code - Target Code - Object Code - Object Program Translator Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin -> biner digit dengan menggunakan penterjemah (translator). Ada 2 jenis translator: 1. Intepreter 2. Compiler
- 15. Bahasa Pemrograman (lanjutan) Interpreter Compiler Input – source code - Basic, PHP, ASP dll - Program dari user Pascal, C, C++, Cobol Output - Tidak ada object code - Translasi dilakukan internal - Bahasa Assembly - Exe - INTERPRETER Source code Input data Source code Input data INPUT DATA INTERPRETER RESULT SOURCE CODE - COMPILER SOURCE CODE COMPILER OBJECT CODE LINKER EXE RESULT INPUT DATAPreprocessor Libraries
- 16. Flowchart Definisi : ● Merupakan bagan yang menggunakan simbol-simbol tertentu dalam menunjukkan alir di dalam suatu program atau prosedur sistem secara logika. ● Bagan yang mempunyai alir yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah yang juga merupakan cara penyajian dari suatu algoritma. Macam-macam flowchart : ● System flowchart ● Document / Paperwork / Form flowchart ● Schematic flowchart ● Program flowchart ● Process flowchart
- 17. Flowchart (lanjutan) System flowchart. Bagan alir yang menggambarkan arus / alur pekerjaan secara keseluruhan dari suatu sistem dengan menjelaskan urut-urutan dari prosedur yang terdapat di dalam sistem tersebut. Deskripsi dilakukan secara grafik dari urutan prosedur- prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem Document / Paperwork / Form flowchart. Digunakan untuk menelusuri alur form dan laporan sistem dari satu bagian ke bagian lain baik bagaimana alur form dan laporan diproses, dicatat dan disimpan
- 18. Flowchart (lanjutan) Schematic flowchart. Menggambarkan suatu sistem atau prosedur dengan menggunakan gambar-gambar komputer, peripheral, form-form atau peralatan lain yang digunakan dalam menggunakan suatu sistem selain simbol-simbol flowchart standar. Program flowchart. Flowchart yang dihasil dari System Flowchart yang akan memberikan keterangan yang lebih rinci pada setiap langkah program atau prosedur yang sesungguhnya dilaksanakan dalam urutan yang tepat saat terjadi. Process flowchart. Teknik penggambaran rekayasa industrial yang memecah dan menganalisis langkah-langkah dalam suatu prosedur atau sistem
- 19. Pembuatan Flowcart Merupakan gambaran hasil analisa suatu permasalahan Tidak ada kaidah yang baku Bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya Terdiri dari bagian utama : input → proses → output Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit, sehingga jalannya proses menjadi singkat. Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas. Sebuah flowchart diawali dari satu titik START/MULAI dan diakhiri dengan END/SELESAI.
- 20. Simbol-simbol Flowcart
- 21. Contoh Flowchart 1
- 22. Contoh Flowchart 2
- 23. Contoh Flowchart 3
- 24. TERIMA KASIH
Sumber :https://www.slideshare.net/koboibdg/pengertian-algoritma
Comments
Post a Comment